Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Baner Kanan Bank
Banner Kanan Alsin
Banner Kanan Pupuk
Baner kanan katam
Banner Kanan Agritek

Kalender Kegiatan

pemupukan.jpg

Mitra Kerja

Info Teknologi Spesifik Lokasi

Variabilitas Durian Unggul Lokal Kalimantan Barat

article thumbnail

Kalimantan Barat dikarunia plasma nutfah tanaman durian yang sangat kaya dan beragam. Tanaman durian  umumnya tumbuh di hutan maupun di kebun/ladang milik petani.  Di Kalimantan Barat,  durian meru [ ... ]


UJI APLIKASI PUPUK NPK PHONSKA PADA PADI SAWAH DI DESA ANDENG KECAMATAN SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK

article thumbnail

Pemupukan merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menambah ketersediaan hara agar dapat mencukupi kebutuhan tanaman. Penerapan  rekomendasi pemupukan hingga saat ini pada umumnya disamakan di [ ... ]


Artikel Lainnya

SDM Profesional

Peneliti Muda
Dr. Ir. Muhammad Hatta, M.Si. menyelesaikan S1 Pertanian di Universitas Jenderal Sudirman, Purwokerto pada tahun 1988, S2 Pertanian Institut Pertanian Bogor 2000 dan S3 Pertanian Universitas Gajah Mada 2011 dan menjadi anggota Himpunan Ilmu Tanah Indonesia (HITI) Kalimantan.
PANEN RAYA DAN TEMU LAPANG PENDAMPINGAN PTT DAN UPBS DESA BENUANG, KECAMATAN TOHO, KABUPATEN MEMPAWAH
Info Aktual
Senin, 29 September 2014 01:09

Berdasarkan Permentan Nomor 45 Tahun 2011 dijelaskan bahwa tugas BPTP adalah menyediakan rekomendasi spesifik lokasi, menyediakan informasi dan teknologi adaptasi mengenai perubahan iklim, merancang dan menyediakan benih untuk display dan ujiadaptasi serta merekomendasi varietas unggul spesifik. Sesuai dengan tupoksi tersebut, kegiatan Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) dan Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) yang dilakukan oleh BPTP Kalimantan Barat dapat dikatakan sebagai implementasi dalam merekomendasikan Varietas Unggul Baru (VUB) Padi, sekaligus dapat memproduksi benih sumber padi sesuai dengan permintaan dan minat petani.

(Selengkapnya)
 
UJI ADAPTASI VARIETAS UNGGUL BARU PADI PENDAMPINGAN PTT DI KABUPATEN LANDAK, KALIMANTAN BARAT
Info Aktual
Kamis, 04 September 2014 08:00

Perubahan iklim yang terjadi seperti kemarau panjang atau kekeringan, banjir dan salinitas berdampak terhadap penurunan produksi dan kualitas hasil tanaman pangan. Berbagai pendekatan untuk menghasilkan varietas padi yang lebih baik melalui perbaikan sumber daya genetik terbukti dapat mempengaruhi kerentanan tanaman terhadap cekaman yang timbul karena dampak perubahan iklim. Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan beberapa varietas unggul padi yang diharapkan mampu beradaptasi pada kondisi perubahan iklim. 

(Selengkapnya)
 
Kepala Badan Litbang Hadiri Field Day Meeting ICCTF
Info Aktual
Kamis, 21 Agustus 2014 03:32

KUBU RAYA - Menteri Pertanian yang diwakili oleh Plt. Dirjen Tanaman Pangan dan sekaligus selaku Kepala Badan Litbang Pertanian Haryono memberikan arahan dalam acara Temu Lapang (Field Day Meeting) Pengelolaan Berkelanjutan Lahan Gambut Terdegradasi untuk Mitigasi Emisi Rumah Kaca dan Mengoptimalkan Produktivitas Tanaman lokasi demplot ICCTF (Indonesia Climate Change Trust Fund) - Kementan di Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya di Dusun Banjar Sari Desa Rasau Jaya II, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (20/08/2014). Acara ini Temu Lapang (Field Day) di Hadiri oleh Perwakilan Bappenas Yanto Santosa, Gubernur Kalimantan Barat yang wakili oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup Darmawan, Wakili Bupati Kubu Raya Hermanus, Dinas terkait,  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan kelompok tani dan penyuluh yang ada di Desa Rasau Jaya yang berjumlah 550 orang.

(Selengkapnya)
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com