Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Baner kanan katam
Banner Kanan Agritek
Baner Kanan Bank
Banner Kanan Pupuk
Banner Kanan Alsin

Kalender Kegiatan

padi2.jpg
Temu Lapang MKRPL di Ketapang PDF Cetak E-mail

temulpgkrplktpgSalah satu program strategis Kementerian Pertanian adalah Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL). Kegiatan ini bertujuan memenuhi pangan dan gizi keluarga serta masyarakat secara lestari melalui pemanfaatan pekarangan. Di tahun 2012 ini, salah satu lokasi pelaksanaan kegiatan M-KRPL yang dilaksanakan oleh BPTP Kalimantan Barat adalah di Kabupaten Ketapang yang berloksi di Desa Suka Baru Kecamatan Benua Kayong.

Kegiatan M-KRPL ini ternyata mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat Suka Baru. Tidak kurang dari 30 rumah tangga binaan yang tergabung dalam Kelompok “Alam Lestari” berlomba-lomba memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami aneka jenis sayuran, bahkan ada pula yang menanam jenis tanaman obat keluarga, tanaman umbi hingga memelihara ternak ayam. Kini, masyarakat setempat sudah mulai merasakan hasilnya. Aneka tanaman tumbuh subur menghijaukan pekarangan rumah mereka sehingga semakin asri dan indah.

Untuk mempercepat replikasi pemanfaatan pekarangan ke masyarakat secara lebih luas, maka pada hari Rabu tanggal 25 Juli 2012 dilaksanakanlah Temu Lapang di lokasi M-KRPL tepatnya di halaman rumah Kepala Desa Suka Baru. Temu Lapang ini dihadiri oleh Kepala BPTP Kalimantan Barat, beberapa Kepala Bidang di Lingkungan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ketapang, Ketua Pokja III PKK Kabupaten Ketapang, Sekretaris Camat Benua Kayong, Pengelola BPP Benua Kayong beserta para penyuluhnya, Kepala Desa Suka Baru, Ketua Gapoktan Desa Suka Baru, tokoh-tokoh masyarakat Desa Suka Baru, Ibu-ibu PKK Suka Baru, dan masyarakat pelaksana kegiatan M-KRPL di Desa Suka Baru. Temu Lapang tersebut semula direncanakan akan dihadiri oleh Bupati Kabupaten Ketapang, namun karena sedang di luar kota beliau akhirnya diwakili hanya diwakili oleh Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Penyuluhan. temlpgketapang

Dalam acara Temu Lapang ini, beberapa pihak dalam sambutannya seperti Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ketapang, Camat Benua Kayong, Kepala Desa Suka Baru, dan tentunya BPTP Kalimantan Barat semuanya menyatakan manfaat yang besar dari kegiatan pemanfaatan pekarangan seperti M-KRPL ini. Selaian untuk mengurangi pengeluaran rumah tangga, hasil yang diperoleh dari penamaman aneka tanaman juga dapat menambah pemasukan keluarga.

Dalam Temu Lapang ini, dilakukan pula penyerahan bibit tanaman secara simbolis kepada Ketua Kelompok Alam Lestari sebagai pelaksana kegiatan M-KRPL di Desa Suka Baru serta Kepala Sekolah SD dan SMP di Desa Suka Baru oleh Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ketapang, Kepala BPTP Kalimantan Barat, serta Ketua Pokja III PKK Kabupaten Ketapang. Rombongan undangan juga diajak berkunjung melihat Kebun Bibit Desa (KBD) dan tanaman-tanaman di pekarangan rumah warga di lokasi M-KRPL. Para undangan menunjukkan apresiasi yang positif terhadap kegiatan ini.  Di akhir acara, dilakukanlah panen sayuran yang dilakukan secara simbolis oleh Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ketapang, Kepala BPTP Kalimantan Barat, Ketua Pokja III PKK Kabupaten Ketapang, Sekretaris Camat Benua Kayong, Pengelola BPP Benua Kayong, Kepala Desa Suka Baru, serta Ketua KWT Alam Lestari.

Dengan melihat hasil yang sudah ditunjukkan dari kegiatan M-KRPL ini, semua pihak berharap semakin banyak pekarangan yang dimanfaatkan warga untuk penanaman aneka tanaman maupun pemeliharaan ternak yang dapat membantu memenuhi pangan dan gizi keluarga. Semoga kegiatan M-KRPL ini cepat menyebar luas ke masyarakat lain di seluruh wilayah Kalimantan Barat.


 
Joomla Templates by JoomlaVision.com