Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Banner Kanan Alsin
Baner kanan katam
Banner Kanan Agritek
Baner Kanan Bank
Banner Kanan Pupuk

Kalender Kegiatan

tomcat.jpg
Sosialisasi Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) di Kab. Sambas 2013 PDF Cetak E-mail

Ketahanan dan Kemandirian Pangan Nasional harus dimulai rumah tangga, itulah yang disampaikan Presiden RI pada acara Konfrensi Dewan Ketahanan Pangan di JICC Oktober 2010. Salah satu alternatif untuk mewujudkan kemandirian pangan rumah tangga adalah melalui pemanfaatan pekarangan. Ketahanan Pangan diharapkan tidak berhenti hanya sebatas program saja tapi diharapkan kegiatan ini terus berlanjut agar ketahanan pangan keluarga terus terjaga. Untuk itu Kementrian Pertanian menginisiasi optimalisasi pekarangan melalui Rumah Pangan Lestari (RPL) yang kemudian menjadi KRPL jika dikembangkan dalam skala luas, berbasis dusun atau desa atau wilayah.

 

Dalam rangka pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) sebagai salah satu pilar dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga, maka program MKRPL ini di sebarluaskan di seluruh Indonesia termasuk Kalimantan Barat. Untuk itu BPTP Kalimantan Barat dengan di dukung oleh Badan Ketahanan Pangan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BKP4K) Kab. Sambas melaksanakan kegiatan M-KRPL ini di dua lokasi di Kab. Sambas yaitu di desa Mentibar Kec. Paloh dan desa Tebas Sungai Kec. Tebas sebagai upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan di Kab. Sambas. M-KRPL ini merupakan model percontohan dalam satu kawasan yang dibangun dari unit-unit rumah tangga yang menerapkan prinsip pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan, pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Agar kegiatan MKRPL di Kab. Sambas dapat di pahami oleh semua pihak yang terlibat maka dilakukan sosialisasi pelaksanaan MKRPL baik di desa Mentibar maupun di desa Tebas Sungai. Sosialisasi di desa Mentibar dihadiri oleh Balai Penyuluhan Kecamatan (BPK) Paloh, BPTP Kalbar, Penyuluh, Kepala Desa Mentibar, pengurus dan anggota kelompok wanita tani. Dalam kegiatan sosialisasi ini disampaikan tentang apa itu MKRPL, komponen MKRPL, organisasi pelaksana MKRPL dan Implementasi MKRPL di desa Tebing Batu tahun 2012. Pada kesempatan tersebut juga di putarkan video tentang kisah sukses MKRPL di Pacitan Jawa Timur dan Panduan Teknis MKRPL dengan harapan semua pihak yang terlibat bersemangat dan tergugah untuk menjadi sukses dalam pelaksanaan MKRPL ini. Dalam diskusi terlihat antusias para peserta pertemuan untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik. Untuk sosialiasasi di desa Tebas Sungai Kec. Tebas dihadiri oleh Pengelola BPK Tebas, Kepala Desa, penyuluh, pengurus dan anggota kelompok wanita tani. Dalam sosialisasi tersebut, disampaikan juga materi seperti yang disampaikan di desa Mentibar, Paloh. Pengelola BPK Tebas dan kepala Desa sangat mendukung sekali kegiatan ini dan berpesan agar kelompokwanita tani ini dapat dengan sungguh-sungguh melaksanakan kegiatan MKRPL ini dan berharap nantinya bisa menjadi contoh desa-desa lainnya dalam pemanfaatan pekarangan (Sari Nurita).


 

 


 
Joomla Templates by JoomlaVision.com